Friday 18 December 2020

Meningkatkan Fokus dengan Teknik Pomodoro

Pomodoro

 Smanforlearn.com - Tidak fokus ketika sedang melakukan sesuatu adalah hal yang cukup mengganggu. Karena bisa jadi karena kita tidak fokus dengan apa yang kita kerjakan malah nanti hasilnya akan buruk atau bahkan tidak dikerjakan.


Nah, kalo lo memiliki masalah dengan ke fokusan, maka gue punya solusinya nih. Solusi ini menurut gue cukup efektif karena sudah ada penelitian oleh para ahli dan juga sudah banyak orang yang mencoba teknik ini.


Ya nama tekniknya adalah pomodoro. Mungkin bagi kamu yang sering belajar atau baca buku juga sudah pernah dengar atau memakai teknik ini. Jadi seperti apa sih tekniknya?


Apa itu Teknik Pomodoro?

Pomodoro teknik adalah sebuah metode manajemen waktu yang bisa kamu gunakan dalam melakukan berbagai aktivitas kamu. Biasanya metode ini menggunakan pengatur waktu untuk memberikan interval jeda pada setiap aktivitas.


Pomodoro Menurut Ahli

Teknik Pomodoro ini dikembangkan oleh Francesco Cirillo pada akhir tahun 1980. Teknik ini menurut dia sangat efektif untuk menjaga fokus kalian dalam melakukan aktivitas yang kamu lakukan.


Teknik ini juga sudah dicoba sendiri oleh Cirillo pada saat dia berada di bangku kuliah. Cara menggunakan teknik pomodoro ini sangat gampang kok. Ya kamu hanya harus membuat atau mengatur waktu menggunakan timer dan diberi waktu 25 menit.


Nah, dalam 25 menit itu kamu harus fokus melakukan kegiatan yang udah kamu tetapkan untuk dilakukan. Nah setelah kamu selesai melakukannya dalam waktu 25 menit, kamu boleh beristirahat.


Pengalaman Pribadi menggunakan Pomodoro

Mungkin muncul pertanyaan bagaimana dengan penulis sendiri apakah juga menggunakan teknik ini? Jawabannya ya. Gue juga menggunakan teknik pomodoro ini dan gue bisa melihat sendiri perbedaannya.


Yang tadinya tugas gue numpuk, dengan memakai pomodoro teknik ini lebih sedikit tugas gue. Loh kok bisa gitu? Ya iyalah, soalnya gue sebelum memakai teknik ini. Gue itu sering nunda-nunda tugas dan malah gak selesai, nah setelah gue pakai pomodoro teknik ini.


Entah kenapa gue bisa menyelesaikan tugas dalam waktu hari itu juga. Ya mungkin, gue lebih fokus kali ya saat mengerjakan tugas menggunakan teknik pomodoro ini. Ya itu aja sih yang pengen gue sharing ke kalian, kalo teknik ini bisa banget ngebantu kamu saat tidak bisa fokus.


Itulah Meningkatkan Fokus dengan Teknik Pomodoro. Jangan lupa baca artikel seputar tips-tips pengembangan diri dan edukasi lainnya hanya ada di smanforlearn blog.


Dapatkan juga produk ekslusif di ReduX Store karena ada penawaran menarik dari Smanforlearn Blog untuk pembacanya. Jadi kuy dapatkan produk ekslusifnya [disini] dan jangan sampai kehabisan ya.


Dan jika kamu ingin beriklan di smanforlearn atau bekerjasama bisnis, kamu bisa menghubungi kami melalui email di smanforlearn@gmail.com.


0 comments:

Post a Comment